Mengenal Rubber Fender


Fungsi utama dari marine rubber fender / fender pelabuhan / fender kapal
 adalah melindungi kapal / perahu dan struktur tempat berlabuh / dermaga dengan cara menyerap energi benturan yang terjadi.
Penyerapan energi benturan oleh marine rubber fender / karet fender kapal pada saat terjadi tabrakan / benturan antara kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga atau benturan dengan struktur lainnya akan mengurangi atau menghambat terjadinya kerusakan-kerusakan yang lebih parah yang tentunya akan membutuhkan anggaran perbaikan yang jauh lebih besar.


  
Marine rubber fender / fender pelabuhan / fender kapal dapat juga disebut dengan bumper laut yang dapat mencegah / mengurangi energi yang terjadi akibat benturan pada body perahu atau kapal.
Tujuan yang paling penting dari penggunaan 
marine rubber fender / fender pelabuhan / fender kapal adalah untuk menyerap energi kinetik yang terjadi akibat dari dampak benturan antar kapal dan benturan pada saat berlabuh di dermaga.

  
Sesuai fungsi dan kebutuhan dari marine rubber fender, umumnya marine rubber fender / fender pelabuhan / fender kapal ini dipasangkan pada bagian lambung atau pada bagian kepala perahu. Untuk menentukan ukuran, jumlah dan jenis marine rubber fender / fender kapal ini diperlukan perhitungan yang tepat. Demikian pula untuk karet fender yang akan dipasang pada dermaga atau pelabuhan memerlukan pemilihan yang tepat, karena hal ini dipengaruhi oleh jenis kapal yang akan merapat, ukuran kapal, lokasi atau sudut-sudut tepian dari dermaga. Pada tempat keluar masuk kapal terkadang terdapat area yang sempit, di sini sangatlah perlu untuk dipasang rubber fender yang paling sesuai.

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka perlu diperhatikan bahwa:
  • Marine rubber fender / fender pelabuhan / fender kapal ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat tinggi.
  • Sistem dan pemakaian marine rubber fender ini harus memiliki fungsi dan kemampuan untuk menghentikan pergerakan atau tumbukan kapal ke dermaga atau mungkin ke kapal lain dengan lembut tanpa menyebabkan kerusakan pada kapal dan struktur bangunan pada dermaga.
  • rubber fender / fender pelabuhan / fender kapal harus tetap kuat untuk bisa mengamankan kapal-kapal yang berlabuh, dermaga, dan area bangunan di sekitarnya. Dermaga dan bangunan harus tetap dalam kondisi baik dan tidak sampai mengalami kerusakan lanjutan yang mungkin disebabkan oleh adanya gelombang, gerakan angin, pasang surut air laut, perubahan arus, proses pembongkaran dan pengisian barang pada kapal.
  • Dengan teknik pemasangan yang tepat diharapkan rubber fender tersebut tetap dalam kondisi yang prima untuk tugas-tugas berikutnya atau bisa bertahan lama.
  
Penentuan atau pemilihan jenis rubber fender sangatlah tergantung pada ukuran kapal atau perahu yang akan berlabuh di dermaga tertentu serta harus dihitung pula dengan cermat dari dampak energi maksimum yang akan terjadi. Sistem rubber fender dalam hal ini harus memiliki kapasitas penyerapan energi yang tepat yang cukup.
Berikut beberapa standard dan strategi yang harus diperhitungkan untuk menentukan atau memilih jenis, ukuran dan berapa jumlah rubber fender yang paling optimal yang akan dipasang:
  • ukuran kapal atau perahu
  • metode navigasi
  • lokasi atau tempat berlabuhnya kapal atau perahu
  • perbedaan pasang surut air laut
  • kedalaman air laut.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat kontak kami di no 0812 9850 2058 (Mirsam A)

Post a Comment

Previous Next

نموذج الاتصال